Gallery Go Jadi Solusi Manajemen Foto Otomatis Secara Offline

Gallery Go Jadi Solusi Manajemen Foto Otomatis Secara Offline

Gallery Go Jadi Solusi Manajemen Foto Otomatis Secara Offline
Gallery Go Jadi Solusi Manajemen Foto Otomatis Secara Offline

Manajemen foto sangatlah penting terutama kalau jumlah foto yang disimpan begitu besar.

Kebanyakan pengguna malas mengategorikan fotonya satu per satu agar lebih mudah dicari di lain waktu.

Disisi lain, banyak pengguna smartphone yang ingin dimanjakan oleh fitur manajemen otomatis Google Photos, namun masih terkendala oleh koneksi internet.

Seperti dilaporkan Engadget, seperti Google Photos, Gallery Go mampu menyusun aneka gambar ke dalam berbagai kategori berbeda, mulai dari selfie hingga binatang peliharaan.

Bedanya, Gallery Go tak membutuhkan koneksi internet. Proses organisasi foto berjalan secara lokal (offline) di perangkat pengguna dengan memanfaatkan teknologi machine learning.

Ketegori-kategori foto tadi akan ditambahkan ke dalam galeri ponsel.

Gallery Go juga mendukung kartu memori microSD, sehingga foto dari media penyimpanan eksternal itu pun bisa diatur secara otomatis.

Selain mengorganisasikan foto, Gallery Go juga dibekali dengan fitur editing, tweaking otomatis, dan beberapa filter untuk mengubah gambar sesuai selera.

Google merancang Gallery Go sebagai aplikasi ringan, bagian dari rangkaian aplikasi “Go” yang sudah diluncurkan dalam beberapa tahun terakhir untuk ponsel berspesifikasi rendah ( Android Go). Di antaranya ada Youtube Go, Google Go, dan Google Maps Go.

Selain manajemen foto, Gallery Go juga menyimpan fitur penyuntingan yang sederhana,

termasuk halnya fitur auto enhance untuk yang butuh serba instan. Semua ini dikemas Google dalam aplikasi yang besarnya tak lebih dari 10 MB, dengan harapan pengguna dapat memaksimalkan kapasitas penyimpanan milik smartphone-nya untuk mengenang lebih banyak momen.

Gallery Go saat ini sudah bisa diunduh melalui Google Play Store, namun fitur face grouping yang pada dasarnya bakal mengelompokkan foto-foto selfie masih belum tersedia di semua negara.

 

Baca Juga :