OMOSHIROI NIHON

OMOSHIROI NIHON (おもしろい日本)

OMOSHIROI NIHON (おもしろい日本)
OMOSHIROI NIHON (おもしろい日本)

 

Kali ini kehidupan Jepang yang akan saya ulik adalah tentang kebersihan lingkungan dan pengolahan sampah.

 

Mungkin bagi kalian sampah adalah hal remeh yang tidak menarik perhatian. Tetapi lain halnya dengan negara yang satu ini, sampah merupakan hal penting yang keberadaannya sangat diperhatikan. Kalian tidak boleh membuang sampah tidak sesuai dengan jenisnya lho, apalagi membuang sampah sembarangan.

Coba deh sekarang kalian lirik lingkungan di sekitarmu, apakah ada sampah yang terlihat?, entah itu sampah daun, kertas atau hanya sebuah puntung rokok?
Gb 1. Puntung rokok yang sangat mudah ditemui di Indonesia

Begitu banyaknya perokok di Indonesia yang membuang puntung rokoknya

di sembarang tempat. Jangankan puntung rokok, kadangkala kita kerap melihat orang membuang sampah dari jendela mobil di jalanan. Sangat miris melihatnya, padahal mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim yang sering mendengar seruan hubungan antara kebersihan dan iman. Tetapi kebanyakan dari kita tidak peduli akan sampah sehingga lingkungan kita terkesan kumuh dan kotor.
Gb. 2 Kebersihan adalah sebagian dari iman

Setelah melongok kehidupan masyarakat di Jepang ini, mungkin saya akan menutup muka dan tertunduk malu karena lingkungan di sekitar saya masih sangat kotor.

Jepang, merupakan negara modern dengan pertumbuhan teknologi yang begitu pesat,

tetapi masyarakatnya masih menjaga kebudayaan dan kebiasaan turun-temurun hingga saat ini. Pengolahan sampah di Jepang sebenarnya tidak rumit. Sampah yang mereka buang dibeda-bedakan menurut bahannya. Apakah sampah kertas, botol plastik, botol alumunium, botol kaca atau sampah basah seperti sisa makanan, sayur, kulit buah, sampah yang bisa dibakar, sampah yang tidak bisa dibakar dan sebagainya.
Gb 3. Tempat sampah di Jepang

Di Jepang, tempat sampah pasti tidak hanya satu, tong sampah akan berjajar satu set sesuai dengan jenis sampahnya. Kalian bisa melihat gambar 3, tempat sampah itu terdapat di dalam gedung pertunjukan Kabuki di Tokyo. Tempat sampah itu terbagi dalam 6 (enam) jenis sampah yang berbeda, berturut-turut dari kiri adalah sampah untuk botol plostik, sisa minuman, botol alumunium, botol kaca, sampah yang tidak bisa dibakar (seperti tissu basah, kulit buah dll) dan sampah yang bisa dibakar.

Pemilihan sampah sangat penting karena sampah-sampah tersebut akan didaur ulang sesuai dengan jenisnya.

 

Sumber :

https://lakonlokal.id/