Unair Akan Buka 5 Prodi Teknik Baru

Unair Akan Buka 5 Prodi Teknik Baru

Unair Akan Buka 5 Prodi Teknik Baru
Unair Akan Buka 5 Prodi Teknik Baru

Universitas Airlangga (Unair) Surabaya akhirnya turut hadir dalam kancah persaingan kampus teknik.

Pasalnya selama ini Unair hanya fokus pada keilmuan murni, melalui konferensi bersama media, Unair akan membuka Departmen Teknik dengan 5 program studi baru, Kamis (17/10/2019) di Hotel Harris Gubeng Surabaya.

Diungkapkan langsung oleh Rektor Unair, Prof. Mohammad Nasih, dibukanya 5 program studi ini merupakan bentuk keseriusan Unair dalam pertanggung jawaban instansi pendidikan tinggi ke masyarakat untuk membuka sekolah atau fakultas baru yang khusus menangani mengelola bidang-bidang keteknikan.

“Melihat potensi yang sangat besar di sana (perteknikan,red), melihat kemanfaatan di daerah

tentu kami terdorong dan tergerak sebagai pertanggung jawaban kami ke masyarakat untuk membuka sekolah atau fakultas baru yang khusus menangani mengelola bidang-bidang keteknikan. Bukan hanya keteknikan biasa tetapi keteknikan yang advanced,” ungkapnya.

Pembukaan 5 program studi baru Strata Satu atau S1 Teknik ini juga bertujuan untuk menarik lebih banya mahasiswa baru laki-laki. Pasalnya selama ini Unair lebih banyak diminati oleh perempuan.

“Biar ada pemerataan lah, mahasiswa baru tahun ini 82,7 persen adalah perempuan, laki-lakinya hanya 17 persen saja. Memperbaiki komposisi, biar tidak terlalu banyak perempuannya. Disamping itu juga agar lulusan Unair lebih memilih banyak tempat strategis dalam pembangunan bangsa,” tukas Prof. Nasih.

5 Program studi baru tersebut adalah; 1.Teknik Industri, 2. Teknik Elektro, 3. Nanoteknologi, 4.

Robotika dan Artificial Intellegent, 5. Data Science. Saat ini kelima prodi tersebut sudah dalam proses izin dan akan bisa dibuka pada pembukaan tahun ajaran baru mendatang, 2020/2021.

Prof Nasih mengatakan bahwa Dosen dan tenaga pendidik telah disiapkan. Gedung perkuliahan akan segera dibangun untuk awal perkuliahan masih akan dilakukan di Gedung Farmasi. Untuk pembukaan awal kelima prodi baru ini hanya akan dibuka untuk 1 rombongan belajar.

“Insyaallah tahun ajaran depan, 2020/2021 kelima prodi ini akan mulai dibuka untuk SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri. Mulai bulan depan akan segera dibangun ground breaking untuk gedung kuliah bersama. Teaching learning center kita sebelahnya AUP akan ada bangunan baru lagi untuk pusat pemberlajaran khususnya kawan teknik dan beberapa lainnya,” pungkas Prof Nasih

 

Sumber :

https://www.disdikbud.lampungprov.go.id/projec2014/lompat-jauh/