Refleksi Pendidikan Zaman Dulu VS Sekarang

Refleksi Pendidikan Zaman Dulu VS Sekarang

Masing – masing komponen urgen dalam dunia edukasi memang masih sama yakni siswa, guru dan pun kurikulum pendidikan. Hanya saja hasil alumni yang berbeda. Berikut sejumlah refleksi edukasi zaman dulu vs kini yang harus anda telisik untuk peradaban pendidikan Indonesia.

Siswa
Umumnya yang sekolah itu ialah siswa. Dan orang tua murid tidak tidak sedikit terlibat didalam persoalan edukasi anak di sekolah. Artinya yang terjadi di Indonesia, orang tua benar- benar melulu pasrah atas edukasi anak untuk gurunya dan tidak menyerahkan kontribusi beda atas edukasi anaknya. Padahal yang terbaik ialah orang tua mesti tetap menyerahkan pengawasan edukasi dan kalau dapat orang tua menolong guru dengan teknik memantau pekerjaan belajar anak di lokasi tinggal dan pun turut menyerahkan masukan edukasi untuk anak.

Kurikulum edukasi Indonesia
Di masa kemudian memang kita sudah mengenal adanya sejumlah kurikulum pendidikan. Kurikulum 1968 berlaku hingga dengan kurikulum di tahun 1975. Dan tahun ini bermunculan kurikulum 1975 sesudah usianya 7 tahun. Artinya kurikulum tersebut berusia lama dan tidak tidak sedikit diotak – atik oleh pengambil kebijakan.
Kemudian pada kurikulum tahun 1975 malah berusia jauh lebih panjang yakni 9 tahun. Dan penggantinya ialah kurikulum di tahun 1984 yang punya orientasi atas hasil pembelajaran. Dan tentang prinsipnya CBSA muncul ketika kurikulum ini diberlakukan. Kemudian sesudah 10 tahun umur dari kurikulum ini diganti menjadi kurikulum 1994 yang punya orientasi atas kemampuan prosesnya. Kemudian seiring berjalannya masa-masa terdapat tidak sedikit juga evolusi kurikulum bahkan yang terakhir diterapkannya kurikulum 2013 yang dinilai penuh muatan dan memberikan tidak sedikit beban untuk perkembangan anak.

Guru
Guru di zaman dulu bebas dalam mengajar. Orang tua turut andil mendukung pekerjaan belajar melatih guru. Akan namun hal yang bertolak belakang berlaku ketika ini sebab saat ini malah guru terbatasi geraknya. Sedikit sentuhan saja dapat mengakibatkan guru bahkan hingga terpenjara.
Itulah bedanya antara fase edukasi di zaman ini dengan di sejumlah tahun lalu. Semoga informasi diatas mengenai Refleksi Pendidikan Zaman Dulu Vs Sekarang menjadi informasi yang bermanfaat.

Sumber : https://is.gd/tiDSKy