Biografi Band Radiohead

Table of Contents

Biografi Band Radiohead

Radiohead adalah band rock alternatif Inggris berasal dari Abingdon, Oxfordshire, dibentuk pada tahun 1985. Band ini terdiri berasal dari Thom Yorke (vokal, rhythm guitar, piano, ketukan), Jonny Greenwood (lead guitar, keyboard, instrumen lain), Ed O’Brien (gitar, vocals), Colin Greenwood (bass guitar, synthesizers) dan phil Selway (drum, perkusi).

Radiohead merilis single pertama mereka, “Creep”, pada tahun 1992. Lagu itu mulanya berhasil, tapi itu jadi hit di seluruh dunia beberapa bulan sesudah peluncuran album debut mereka, Pablo Honey (1993). Radiohead’s popularitas naik di Inggris Raya bersama merilis album ke-2 mereka, The Bends (1995). Album ketiga Radiohead, OK Computer (1997), mendorong mereka untuk ketenaran internasional yang lebih besar. Yang menampilkan suara yang luas dan tema-tema keterasingan modern, OK Computer udah kerap dianggap sebagai tengara catatan tahun 1990-an.

Kid A (2000) dan Amnesiac (2001) menandai evolusi didalam jenis musik Radiohead, sebagai kelompok musik elektronik eksperimental dimasukkan, Krautrock, post-punk dan jazz. Hail to the Thief (2003), sebuah campuran yang didorong gitar rock, elektronik dan lirik terinspirasi oleh perang, adalah album paling akhir band utama bagi perusahaan rekaman, EMI. Band pertama enam album, dirilis lewat EMI, udah menjajakan lebih berasal dari dua puluh lima juta kopi pada tahun 2007. Radiohead secara independent merilis album ketujuh mereka, In Rainbows (2007).

Formasi dan Tahun Pertama(1985–1991)

Para pemusik yang membentuk Radiohead bersua saat menghadiri Abingdon School, cuma anak laki-laki-sekolah umum di Abingdon, Oxfordshire. Thom Yorke dan Colin Greenwood berada di tahun yang sama, Ed O’Brien dan Phil Selway udah satu
tahun lebih tua dan Jonny Greenwood dua tahun lebih muda berasal dari kakaknya, Colin. Pada tahun 1985 mereka membentuk band “On a Friday”, nama yang mengacu pada latihan yang biasa dijalankan pada hari jumat di area musik sekolah. Grup yang memainkan pertunjukan pertama mereka pada akhir 1986 di Oxford’s Jericho Tavern; Jonny Greenwood mulanya join sebagai harmonika dan sesudah itu pemain keyboard, tapi sesudah itu ia jadi gitaris.

Meskipun Yorke, O’Brien, Selway, dan Colin Greenwood lulus berasal dari Abingdon pada tahun 1987, band ini tetap kerap berlatih di akhir pekan dan hari libur. Pada tahun 1991, ketika seluruh anggota jikalau Jonny udah merampungkan gelar universitas, berkumpul kembali pada hari Jumat, menjadi merekam demo seperti Manic Hedgehog, dan laksanakan koser atau pertunjukan di sekeliling Oxford. Oxfordshire dan Thames Valley adalah pelaku indie yang aktif sejak akhir tahun 1980-an, tapi berpusat di kurang lebih shoegazing band-band seperti Ride dan Slowdive; On Friday tidak sesuai bersama tren pada saat itu, banyak yang berkomentar bahwa mereka udah ketinggalan trne bermusik pada saat mereka lulus berasal dari universitas.

Namun demikian, beberapa pertunjukan live On Friday menjadi kerap digelar, perusahaan rekaman dan produsen jadi tertarik. Chris Hufford, Slowdive produser dan pemilik Oxford’s Courtyard Studios, menghadiri konser On Friday berikut di Tavern Yerikho. Terkesan bersama tampilan band, ia dan mitranya Bryce Edge menyebabkan sebuah demo rekaman dan jadi manajer; mereka selalu band manajer sampai hari ini. Setelah peluang pertemuan antara Colin Greenwood dan EMI yang diwakili oleh Keith Wozencroft di toko rekaman di mana Greenwood bekerja, band ini diberi tanda tangan enam kontrak rekaman album bersama label pada akhir 1991. Atas keinginan EMI, band ini mengubah nama mereka untuk jadi Radiohead, diilhami oleh judul sebuah lagu Talking Heads “Benar Stories album.

Sumber : https://tokoh.co.id/

Baca Juga :