Pengertian Lingkungan Hidup

Table of Contents

Pengertian Lingkungan Hidup

Pengertian Lingkungan Hidup
Pengertian Lingkungan Hidup

Lingkungan secara umum dapat di artikan sebagai segala sesuatu di luar individu. Ruang lingkup pengertian tersebut dapat dibedakan dalam berbagai konsep. Ada konsep lingkungan yang ruang lingkupnya terbatas ada pula yang bersifat luas. Ada konsep lingkungan yang lebih menekankan pada factor fisik dan ada pula yang lebih menekankan pada factor non fisik.

    Pengertian lingkungan yang berkembang di masyarakat dalam berbagai disiplin ilmu perlu dikenali dan diperhatikan , tujuannya adalah untuk membandingkan dan menjernihkan konsep yang kita gunakan serta mencegah kekeliruan dalam menafsirkan suatu istilah. Selain itu dapat pula kita gunakan untuk memahami pandangan dan prilaku masyarakat terhadap lingkungan.

Lingkungan hidup dapat didefinisikan kesatuan ruang dengan semua benda, daya keadaan dan makhluk hidup termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya.

Definisi lain dari lingkungan hidup adalah keseluruhan keadaan yang meliputi suatu makhluk hidup atau sekumpulan makhluk hidup.

Menurut UU No. 23 tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, lingkungan hidup di artikan sebagai kesatuan ruang dengan semua benda dan keadaan makhluk hidup termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang melangsungkan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.

      Ilmu tentang lingkungan hidup adalah Ekologi dan Ilmu Lingkungan dianggap sebagai Ekologi Terapan karena dalam Ilmu Lingkungan  dikembangkan berdasarkan Ekologi.

Sumber : https://uptodown.co.id/