Grand Final Anugerah Atikan Jabar 2018

Grand Final Anugerah Atikan Jabar 2018

Grand Final Anugerah Atikan Jabar 2018
Grand Final Anugerah Atikan Jabar 2018

Sebanyak 89 peserta mengikuti grand final kegiatan Anugerah Atikan Jabar

. Kegiatan yang digelar oleh Balai Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pendidikan (Tikomdik), Dinas Pendidikan Jawa Barat ini dilaksanakan tiga hari, Senin hingga Rabu, 10-12 Desember 2018.

Kepala Balai Tikomdik, Endang  Susilastuti mengatakan kegiatan Anugerah Atikan Jabar bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada siswa, guru dan sekolah terkait dengan media pembelajaran. Walaupun kegiatan ini merupakan kegiatan baru, antusias masyarakat menyambut kegiatan begitu besar. Hal ini terlihat dari jumlah pendaftar yang mencapai lebih dari 800 peserta.

“Kita juga kaget melihat antusias masyarakat sedemikian luasnya.

Padahal ini adalah kegiatan pertama. Kedepannya ini akan menjadi program tahunan di Jawa Barat. Untuk finalis sudah kita umumkan di November, dan ini adalah grand finalnya,” ujar Endang saat ditemui di sela-sela kegiatan Anugerah Atikan di Hotel Bumi Makmur Indah, Jalan Raya Lembang No.224, Kabupaten Bandung Barat pada Senin, 10 Desember 2018.

Ada 10 mata lomba yang dilaksanakan pada kegiatan ini, yaitu, lomba whiteboard animation for digital media dalam pembelajaran, lomba media interaktif, lomba film pendek dokumenter, lomba jingle, lomba iklan layanan masyarakat, lomba foto pendidikan, lomba edugame, lomba karya inovasi pembelajaran, lomba website sekolah dan lomba anugerah sekolah berbasis TIK.

“Hari ini ( Senin 10 Desember 2018 -red) kita memanggil finalis-finalis dari 10 mata lomba untuk bersama-sama kumpul di sini, untuk mempresentasikan kembali karya yang sudah dibuat,” ujar Endang.

Selain penilaian karya, ada pula workshop dan lomba foto selama kegiatan grand final.

Endang mengatakan, ada tiga workshop yang diberikan, yang pertama fotografi, workshop desain kreatif dan terakhir workshop bagaimana pemanfaatan website.

“Kita ingin mengasah kemampuan mereka, karena kalo kita lihat keinginan sudah banyak, kami ingin mengasah kemampuan para peserta dengan mengadakan workshop. Jadi kegiatan grand final ini bukan semata-mata penilaian saja, tetapi di dalamnya ada juga workshopnya. Hari ini rangka penilaian, besok workshopnya, setelah itu puncaknya ada di Rabu pagi. Di mana kita akan menyerahkan hadiah-hadiah yang telah kita siapkan,” jelas Endang.

Hadiah yang diberikan berupa uang pembinaan, untuk  juara satu mendapatkan 10 juta dan leptop, juara dua mendapatkan tujuh juta dan juara tiga mendapatkan lima juta. Selain itu, lomba foto kegiatan selama grand final pun akan mendapatkan hadiah berdasarkan like terbanyak di media sosial.

“Setelah mereka mengikuti workshop, mereka diberi waktu oleh kita untuk mengambil foto dengan angle yang pas. Nanti di-upload di media sosial, jumlah like terbanyak akan menjadi pemenangnya,” ujar Endang.***

 

Baca Juga :