Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan

Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan

Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan
Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan

Saat mencari pekerjaan semakin sulit.

Keinginan untuk keluar dari pekerjaan tentu tidak akan terlintas di kepala para karyawan. Tidak banyak jalan keluar bagi karyawan selain bekerja lebih keras guna memenuhi rencana yang telah ditetapkan perusahaan.

 

Faktor motivasi

khusus pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan menjadi tidak dapat dihiraukan lagi. Motivasi merupakan bagian terpenting yang dapat memacu karyawan untuk bekerja dengan tingkatan terbaik.

Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan secara umum terbagi dua, yakni motivasi internal dan motivasi eksternal. Kedua macam motivasi ini cukup penting dalam membangun prestasi kerja karyawan.

 

Motivasi Internal

Motivasi internal merupakan motivasi yang berasal dari dalam diri seseorang. Efek motivasi terhadap kinerja karyawan akan tercipta jika motivasi internal ini sudah ada. Motivasi internal berperan penting dalam menciptakan prestasi kerja yang tinggi dan terus menerus.

Banyak perlakuan yang dapat dilakukan dalam meningkatkan motivasi internal, antara lain memberikan penghargaan kepada karyawan yang berprestasi. Memberikan kesempatan melanjutkan pendidikan serta membuka peluang bagi promosi karir, dan sebagainya.

 

Motivasi Eksternal

Motivasi eksternal merupakan motivasi yang berasal dari luar diri seseorang. Motivasi iniberasal dari luar dan diinternalisasikan ke dalam diri karyawan. Perlakuannya dapat dilakukan secara alami maupun dibuat-buat. Motivasi eksternal bersifat langsung jadi.

Dari penjelasan di atas, pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan tampaknya terletak pada motivasi internal. Motivasi internal harus menjadi elemen yang harus ada dalam setiap karyawan. Bagi pemilik perusahaan, elemen inilah yang menjadi pertimbangan ketika merekrut karyawan baru.

Sumber : https://pendidikan.co.id/