Peserta Tour Zero to Zero Bogor-Bandung Dilepas di Balaikota

Peserta Tour Zero to Zero Bogor-Bandung Dilepas di Balaikota

 

Peserta Tour Zero to Zero Bogor-Bandung Dilepas di Balaikota

Tour Zero to Zero Bogor-Bandung

Cuaca mendung dengan sedikit gerimis tak menyurutkan semangat peserta gowes Tour Zero to Zero Bogor-Bandung yang sudah berkumpul di Plaza Balaikota Bogor, Jalan Ir. Juanda, Kota Bogor sejak subuh, Sabtu (20/01/2018).

Sekitar 1.400 peserta yang berasal dari Jabodetabek

Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera hingga Kalimantan Barat ini didominasi pria paruh baya, bahkan ada pula yang sudah berusia 70 tahun.  Pukul 06.30 WIB tepat di garis start titik Nol Kota Bogor, Wali Kota Bogor Bima Arya melepas peserta Tour Zero to Zero Bogor-Bandung dengan secara simbolis mengangkat bendera disertai bunyi sirene yang membuat peserta semakin antusias.

Penggagas Tour Zero to Zero

Penggagas Tour Zero to Zero Bogor-Bandung Arif Gunawan mengatakan, acara ini merupakan acara ketiga yang digelar Komunitas Polisi Bersepeda Polresta Bogor Kota atas permintaan dari seluruh komunitas pesepeda. Tak ayal berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya konsep Tour kali ini terbuka untuk umum yang start-nya dimulai dari titik Nol Kota Bogor yang berada di Depan Balaikota dan Hotel Salak the Heritage ke finish titik Nol Bandung di Jalan Asia Afrika.

“Jarak tempuhnya sekitar 126 KM (Puncak-Padalarang-Cimahi-Bandung) dengan perkiraan waktu tempuh 12 jam. Tetapi bagi peserta dengan sepeda balap yang start lebih dulu akan sampai sekitar pukul 14.00 WIB di Bandung,” ujarnya.

Ia menuturkan, keselamatan dan keamanan peserta selama perjalanan pun akan dikawal dengan polisi yang dibantu Komunitas Sepeda Motor Yamaha NMAX untuk membantu kelancaran atau jika ada hal darurat hingga sampai Bandung. Tak hanya itu adapula tim Marshal motor dan sepeda yang mengarahkan atau memandu peserta agar tidak ada yang tersesat sekaligus mengatur kecepatan dari pesepedanya.

“Di beberapa titik juga sudah kami tentukan rest area untuk peserta beristirahat, sholat dan makan. Serta kami berikan juga air mineral dan isotonic,” terangnya.

Staf Analisis Polresta Bogor Kota

Staf Analisis Polresta Bogor Kota ini menambahkan, selain keamanan dan keselamatan selama perjalanan, pihaknya juga memastikan kesehatan para peserta. Pasalnya saat mendaftar para peserta harus menyertakan persyaratannya berupa surat keterangan sehat dari dokter, surat pernyataan peserta akan tertib lalu lintas dan siap menanggung resiko apapun.

“Meski kondisi peserta sehat kami sudah mempersiapkan mobil ambulance, mobil evakuasi, dan tim medis jika ada peserta yang mengalami gagal jantung atau gagal nafas,” terangnya.

Wali Kota Bogor Bima Arya

Wali Kota Bogor Bima Arya dalam sambutan singkatnya sebelum melepas keberangkatan peserta Tour Zero to Zero Bogor-Bandung mendoakan kelancaran dan keselamatan bagi seluruh peserta hingga ketujuannya. Ia pun menghimbau agar peserta tetap tertib di jalan dan jangan lupa daratan untuk meminta perlindungan dari Allah SWT.

Sumber : https://www.ayoksinau.com/