8 Aplikasi Messenger Terpopuler Terlengkap

8 Aplikasi Messenger Terpopuler Terlengkap

8 Aplikasi Messenger Terpopuler Terlengkap
8 Aplikasi Messenger Terpopuler Terlengkap

Android merupakan salah satu sistem operasi yang sangat populer di seluruh dunia. Hampir semua perangkat mobile seperti smartphone, tablet dan gadget lainnya yang memiliki tingkat penjualan tinggi adalah yang menggunakan sistem operasi Android. 

Google pun menyediakan kemudahan dan kelengkapan kepada para pengguna Android untuk berkarya tanpa batas dengan memanfaatkan sistem operasi mereka ini untuk menghasilkan aplikasi-aplikasi yang sangat umum baik dari segi dibutuhkannya ataupun hanya sebagai pelengkap maupun test produk di pasar. 

Salah satu kebutuhan yang umumnya digunakan oleh para pengguna telefon mobile selain panggilan suara adalah pesan baik berupa tulisan, suara, maupun berkirim gambar maupun video. Hal ini biasanya dilayani oleh website saat penggunaan komputer desktop masih merajai karena telefon konvensional tidak memiliki variasi dalam mengirim pesan kecuali tulisan text sederhana. 

Namun setelah berkembangnya tehnologi telefon selular apalagi dengan sistem operasi Android yang memiliki fitur yang canggih dan dapat melayani segala kebutuhan akan website tradisional menjadi aplikasi yang tertanam pada gadget, maka lahirlah beragam aplikasi berkirim pesan (messenger) maupun chatting di situs Play Store yang gratis maupun berbayar yang juga memiliki beragam fitur yang memanjakan penggunanya karena kelebihan-kelebihan selain hanya mengrim text namun juga gambar, video, maupun suara.

Untuk itu dalam artikel ini akan dibahas mengenai 8 aplikasi messenger maupun chating yang cukup populer di dunia, meskipun sebenarnya cukup banyak apliasi sejenis yang ada di Play Store namun yang akan dibahas dibawah ini hanyalah yang cukup banyak dipakai oleh pengguna Android.

1.  WhatsApp Messenger 

WhatsApp messenger mungkin adalah aplikasi pengirim pesan untuk semua system operasi yang paling popular dan dikenal oleh seluruh dunia, untuk mengirim pesan melalui Wi-Fi atau koneksi internet dari provider kartu anda.

Beberapa keunggulan dari WhatsApp messenger adalah anda tidak perlu membuat username dan pin atau password untuk mengirim pesan teks. Karena WhatsApp memperlakukan pesan hanya dengan menggunakan nomor smartphone anda seperti anda mengirim sms biasa.

Beberapa fitur yang terdapat dalam WhatsApp

  • Gratis (tidak ada biaya berlangganan untuk menggunakan WhatsApp) mengirim pesan ke seluruh perangkat yang sama – sama memasang aplikasi ini di smartphone mereka.
  • Menggunakan koneksi Wi-Fi atau koneksi internet telepon Anda (4G/3G/2G/EDGE)
  • Dapat menerima panggilan, mengirim foto, video, dokumen, dan pesan suara.
  • Panggilan gratis dengan menelepon teman dan keluarga anda secara gratis dengan panggilan WhatsApp ke seluruh Negara karena WhatsApp menggunakan panggilan suara via internet (VoIP) bukan menit panggilan selular anda.
  • Fasilitas Chat Grup dengan membuat grup kontak-kontak Anda sehingga Anda dapat dengan mudah menjalin komunikasi dengan teman dan keluarga.
  • Tidak perlu username dan pin sehingga anda tidak perlu repot mengingat ingat password karena WhatsApp bekerja persis seperti SMS dengan menggunakan nomor telepon Anda dan terintegrasi dengan buku alamat pada telepon Anda.
  • Tidak perlu log in / log out karena dengan WhatsApp anda selalu terhubung dengan Anda tidak perlu khawatir kehilangan pesan baru.
  • Segera terhubung dengan kontak anda dalam buku alamat telepon Anda supaya anda dapat dengan mudah dan cepat terhubung dengan kontak anda.

KETERANGAN APLIKASI

Ukuran

bervariasi berdasarkan perangkat

Versi Android yang dipakai

2.1 atau lebih tinggi

Jumlah yang sudah memasang


1 milyar – 5.milyar

Rating pengguna memberi ulasan

4,4 dengan 24 juta lebih memberi rate 5 bintang

Pengembang

WhatsApp Inc

2.  Kik

Dengan pengguna lebih dari 80 juta, Kik adalah salah satu aplikasi messenger lainnya yang, juga seperti WhatsApp, dapat bekerja antar system operasi yang berbeda dan memilki banyak fitur-fitur yang bagus.

Memliki banyak kesamaan dengan WhatsApp, seperti dapat mengirim fotor, grup chat, dapat melakukan pencarian  pada link Youtube, gambar dan sketsa  sendiri, emoticon yang bias didownload.

Pengguna juga dapat membuat dan mengirim meme berbeda didalam Kik, atau “Photobomb” teman anda. 

Kik juga membuat aplikasinya menjadi lebih personal dari pribadi, tidak untuk berbagi nomor ponsel anda atau alamat e-mail, selain dari username yang dapat kita buat. Jadi mirip seperti BBM yang mengundang orang lain untuk chat dengan menggunakan PIN yang bersifat personal tanpa perlu kita membagikan atau memberitahu nomor telefon kita, sehingga privasi kita lebih terjaga.

KETERANGAN APLIKASI

Ukuran

38 M

Versi Android yang dipakai

4.0 atau lebih tinggi

Jumlah yang sudah memasang


100 juta – 500 juta

Rating pengguna memberi ulasan

4,3 dengan 1 juta lebih memberi rate 5 bintang

Pengembang

Kik Interactive

3. BBM (BlackBerry Messenger)

Aplikasi Instan Messnger yang populer ini sepertinya sudah menjadi aplikasi chatting wajib untuk semua smartphone, apalagi setelah BBm ini tersedia secara cross-platform di android,iOS, dan windows Phone. Aplikasi yang khas dengan adanya PIN sebagai syarat supaya dapat terhubung ini, menjadi idaman setiap orang. BBm juga melakukan peningkatan UI dan UX yang lebih sederhana dengan membuat User Interface ala Google Material Design dan menambah tingkat privacy dengan tersedianya fitur-fitur baru seperti pesan berwaktu dan kemampuan untuk menarik kembali pesan yang terkirim. BBM juga terbukti lebih private karena hanya orang-orang tertentu saja yang dapat terhubung dan melakukan chatting.

4. Facebook Massenger

Seperti judul aplikasinya , ada kata facebooknya berarti aplikasi chatting ini dari Facebook. Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan para pengguna facebook untuk saling mengirim pesan instan lebih cepat dan sederhanan karena tidak tercampur dengan aplikasi utama facebook. Adanya dukungan sticker yang beragam juga menjadi daya tarik tersendiri dari facebook messenger walaupun aplikasi chatting lain juga memilikinya. Tapi facebbok messenger tidak kalah populer karena saat ini pengguna media sosial facebook sangat banyak sekali jadi otomatis pengguna tersebut juga menggunakan aplikasi messenger ini.

5. Line

Aplikasi ini menggabungkan beberapa fitur mesia sosial denga palikasi perpesanan yang menjadi keunggula utamanya. Adanya beberapa fitur seperti Line Game membuat messenger ini banyak digemari khusunya pecinta game. Contohnya Game keluaran Line yang kita kenal dengan Line Get Rich yang menjadi salah satu game mobile terpopuler. Di aplikasi ini ada yang disebut ID Line yang digunakan sebagai salah satu metode menambahkan teman. Yang terbaru dari fitur line , ada aplikasi chat yang lebih ringan dan cepat bernama Line Lite. Dimana Line Lite ini diperuntukan untuk kawasan yang memiliki akses internet lemot.

6.  Wechat

Aplikasi buatan china ini diluncurkan sejak tahun 2012 dan telah memiliki lebih dari 268 juta pengguna. WeChat memang pioner fitur pencarian teman disekitar lokasi pengguna, yang kemudian dikembangan dengan Friend Radar. Kelebihan lain wechat adalah kemampuannya untuk membuat grup chat dengan anggota terbanyak, yaitu 500 anggota.

7. Telegram

Aplikasi messenger ini disebut-sebut sebagai aplikasi dengan tingakat keamanan yang tinggi. Aplikasi ynag dibuat oleh orang Rusia ini bertujuan ingin menyaingi WhatsApp yang dipandangnya kurang dalam hal keamanannya bari para pengguna. Bahkan Telegram sempat menantang siapa saja untuk mencoba menjebol sistem keamannya dengan tawaran hadiah sampe 100.000 dollar. kalau dilihat dari antarmukanya , telegram memang mirip sekali dengan WhatsApp, yang membedakan dalam hal warna saja dan logo.

8. Viber

Viber adalah aplikasi chatting yang menawarkan fitur lengkap dari sebuah aplikasi chatting terbaik seperti instan messenger, panggilan VoIP. Viber dibuat unutk menyaingi aplikasi yang lebih dulu terkenal dari Microsoft yaitu Skype. Namun yang tidak kalah menarik dari aplikasi ini adalah banyaknya sticker yang menarik dan gratis maupun berbayar yang dapat menggambarkan ekspresi ketika anda sedang berkomunikasi menggunakan aplikasi ini.