Berkenalan bersama Pohon Filogeni

Berkenalan bersama Pohon Filogeni

siapa di antara kalian yang senang lihat-lihat pohon? Biasanya, pohon apa sih yang kalian lihat? Mungkin yang kerap kalian memandang itu pohon-pohon yang membuahkan buah, ya. Misalnya pohon pisang atau pohon mangga. Hayo, siapa yang senang manjat pohon cuma untuk metik buahnya? Nah, ngomong-ngomong perihal pohon, tidak cuman pohon-pohon yang tersedia di alam dan mampu kamu memandang secara langsung, di di dalam biologi tersedia yang namanya pohon filogeni. Sudah dulu dengar belum? Yuk, kita bahas lebih lanjut!

Sudah penasaran belum bersama pohon filogeni? Sebenarnya, yang kudu kampu pahami itu anggota filogeninya, Squad. Pohon di dalam hal ini termasuk mampu dikenal sebagai diagram pohon, ya. Oke, filogeni adalah kajian perihal interaksi di antara kelompok-kelompok organisme yang dikaitkan bersama sistem evolusi. Wah, interaksi yang seperti apa nih? Hubungan persaudaraan? Hahaha. Hubungan antara kelompok organisme yang dikaji di dalam filogeni ini didasarkan pada morfologi dan DNA tiap-tiap kelompok.

Oh iya, kamu tau nggak sih, filogeni ini terlalu dibutuhkan untuk paham lebih di dalam perihal sistem evolusi dan penyusunan taksonomi. Wah jadi penting banget, dong ya? Iya, dong. Nah, sistem filogenetik ini disusun berdasarkan jauh dekatnya kekerabatan antar takson, lho. Faktor apa aja sih yang mendasari kedekatan kerabat antar takson? Faktor-faktornya antara lain persamaan bentuk luar, tingkah laku, dan interaksi evolusioner di dalam 1 keturunan. Hubungan evolusioner ini termasuk menyangkut pewarisan cii-ciri berasal dari nenek moyang kepada keturunannya gitu, lho! Wah, menarik banget nggak sih?

Selengkapnya : https://www.biologi.co.id/